Rug Pull Crypto

    Rug Pull Crypto - Selain faktor resiko dan fluktuasi yang tinggi, dunia crypto bisa dibilang tidak 100% aman karena ada istilah rug pull. Hal ini juga menuntut investor untuk berhati-hati dan menganalisa secara menyeluruh sebelum berinvestasi.
    rug pull crypto artinya
    rug pull shiba inu
    Lalu apa arti rug pull crypto? Dan bagaimana itu bisa terjadi jika Anda ingin berinvestasi, bagaimana cara menghindarinya? Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara detail dan rinci arti rug pull crypto.

    Apa Itu Rug Pull Crypto?

    Secara bahasa, rug pull berasal dari bahasa Inggris yang berarti “menarik karpet”. Intinya adalah untuk mengambil dukungan tiba-tiba dari orang-orang.

    Jika diterjemahkan ke dalam dunia crypto, maka arti rug pull adalah ketika developer meninggalkan proyek atau aset crypto begitu saja dan membawa uang yang telah ditanam oleh investor.

    Hal ini terjadi ketika likuiditas hilang secara tiba-tiba sehingga aset mengalami kerugian yang besar. Kemudian investor akan menjual dan menyimpan apa yang mereka miliki.

    Tindakan ini disebut exit scamming, yaitu saat developer menguras DEX. Hal ini menyebabkan pemegang token tidak dapat berdagang dan terjebak dalam masalah.

    Bagaimana Rug Pull Crypto Terjadi?

    Biasanya rug pull terjadi di DEX atau bursa terdesentralisasi. Cara bermainnya kurang lebih sebagai berikut:

    • Developer membuat token dan melampirkannya ke DEX. Sebagai iming-iming, dia akan memasangkannya dengan cryptocurrency populer seperti Ethereum.
    • Untuk memikat banyak investor, developer membuat berbagai cara yang mengagumkan. Seperti sensasi di media sosial, membuat komunitas, menyuntikkan modal cair ke grup mereka, dan sebagainya.
    • Hal ini pun mengundang banyak investor untuk bergabung.
    • Jika sudah banyak investor yang bergabung dan menukar koin ethereumnya, developer menarik semua dari kolom likuiditas. Jadi harga koin menjadi 0.
    • Investor juga kehilangan aset dan menderita kerugian besar.

    Cara Menghindari Rug Pull

    Namun jangan khawatir, sebagai calon investor, Anda tetap bisa menghindari rug pull dengan cara berikut ini:

    1. Kenali Orang di Balik Aset

    Aset yang dapat dipercaya harus terdiri dari orang-orang hebat atau dapat dipercaya juga. Kemudian Anda dapat cek tim proyek yang terkait dengan aset tersebut. Anda dapat memeriksanya melalui halaman LinkedIn mereka.

    2. Cek Jumlah Likuiditas Developer

    Sebelum investasi, pastikan untuk selalu mengecek jumlah likuiditas yang dimiliki developer. Anda dapat melihat siapa yang memegang token teratas.

    3. Cari Pool dengan Jumlah Likuiditas Besar

    Pastikan untuk mencari likuiditas dengan setidaknya 50.000 dolar US di dalamnya, biasanya di ranah itu tidak mungkin lagi terjadi Rug pull. Ini karena "developer scam" tidak akan memasukkan nominal besar dalam sebuah proyek.

    4. Cek Lewat Github

    Github adalah hub berbasis kode untuk mengembangkan proyek DeFi. Anda dapat mencari proyek untuk mengetahui perkembangan di dalamnya. Jika proyek tersebut tidak berkembang, maka bisa jadi proyek tersebut hanya hoax.

    Akhir Kata

    Nah itulah penjelasan dari istilah rug pull di dunia crypto. Bagaimana, apakah Anda sekarang memahaminya? Semoga pembahasan yang manseper sampaikan kali ini bermanfaat!

    LihatTutupKomentar