Cara Tarik Siswa Baru Dapodik 2023

    Cara Tarik Siswa Baru Dapodik 2023 - Masa penerimaan siswa baru telah berlangsung, siswa yang diterima harus segera dimasukkan ke dalam data Dapodik sekolah.
    cara tarik data siswa pindahan dapodik
    cara tarik siswa baru dapodik
    Seperti yang kita ketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan baru-baru ini merilis aplikasi Dapodik 2023 versi terbaru.

    Perubahan versi membuat beberapa operator sekolah kesulitan menarik data siswa baru ke Dapodik 2023. Apakah Anda juga kesulitan menarik data siswa baru ke Dapodik 2023 sekolah Anda?

    Jika iya, maka Anda bisa menyimak pembahasan kali ini tentang cara menarik siswa baru di Dapodik 2023. Simak baik-baik agar Anda bisa menarik data siswa baru di platform Dapodik 2023 terbaru.

    Cara Tarik Siswa Baru Dapodik 2023

    Penarikan data siswa baru perlu dilakukan oleh masing-masing operator sekolah. Jika siswa sudah masuk ke dapodik data pada jenjang pendidikan sebelumnya, maka harus melakukan ekstraksi data.

    Anda tidak dapat memasukkan data secara manual, karena ini akan menduplikasi data siswa. Pengisian data secara manual hanya dapat dilakukan jika siswa tersebut tidak terdaftar di Dapodik.

    Misalnya siswa yang bukan TK atau Paud bisa masuk secara manual, karena tidak terdaftar di Dapodik. Padahal, cara tarik siswa baru di Dapodik 2023 sangat mudah, simak langsung untuk mengetahui cara lengkapnya.

    Baca juga: Aplikasi Dapodik Versi 2023

    Tutorial Tarik Siswa Baru Dapodik 2023

    Penarikan data siswa baru di Dapodik 2023 dapat dilakukan dengan menggunakan SP DATADIK 2022. Anda perlu berhati-hati saat melakukan penarikan data siswa baru di Dapodik 2023. Jangan sampai Anda keliru menarik siswa lain.

    Berikut tutorial tarik data siswa baru di aplikasi Dapodik 2023:
    1. Buka browser, lalu masuk ke SSO Manajemen Sekolah Dapodik (sso.datadik.kemdikbud.go.id).
    2. Kemudian masukkan username dan password akun Dapodik Anda.
    3. Klik menu Aplikasi, klik PD Baru, lalu pilih menu Dapodik.
    4. Masukkan Provinsi, Kabupaten/Kota, Nama Sekolah, dan Tahun Kelulusan siswa yang akan di tarik.
    5. Klik tombol Tampilkan, maka Anda dapat centang siswa baru yang masuk ke sekolah Anda.
    6. Pastikan daftar siswa yang Anda centang sesuai dengan data siswa baru yang akan ditarik.
    7. Klik tombol Daftarkan, agar mahasiswa baru berhasil ditarik ke Dapodik 2023.

    Kesimpulan

    Sangat mudah bukan cara tarik data siswa baru Dapodik 2023? Sekian yang dapat Manseper sampaikan tentang tutorial Dapodik 2023. Semoga tutorial menarik data siswa di Dapodik 2023 ini dapat bermanfaat untuk Anda!
    LihatTutupKomentar