Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI

    Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI - Kami akan menjelaskan besaran biaya penggunaan layanan kartu kredit BRI setiap tahunnya. Dimana pada umumnya kartu kredit harus memiliki biaya tersebut, termasuk produk bank BRI.
    iuran tahunan kartu kredit bri platinum
    biaya iuran tahunan kartu kredit bri
    Sebagai layanan perbankan, kartu kredit tentunya tidak lepas dari hal yang disebut biaya pemakaian. Dimana kebijakan mayoritas penerbit kartu kredit di Indonesia mewajibkan penggunanya untuk membayar biaya tersebut setahun sekali.

    Karena syarat pembayaran tersebut, maka istilah pembayaran kartu kredit sering disebut sebagai iuran tahunan. Bank Rakyat Indonesia sebagai salah satu penerbit juga memiliki ketentuan terkait iuran tahunan untuk setiap jenis kartu kredit.

    Untuk gambaran lengkap biaya tahunan kartu kredit BRI, simak pembahasan Manseper berikut. Karena kami akan memaparkan informasinya mulai dari besaran iuran hingga sanksi jika tidak membayarnya.

    Pengertian Iuran Kartu Kredit BRI

    Biaya tahunan atau sering disebut Annual Fee, merupakan biaya wajib penggunaan kartu kredit yang dibayarkan setiap tahun. Dimana baik kartu kredit BRI yang sudah aktif maupun belum tidak dikenakan biaya per tahun.

    Ketentuan mengenai iuran tahunan untuk kartu BRI tentunya tertuang dalam buku petunjuk penggunaan. Dimana untuk setiap jenis kartu kredit BRI besaran iuran tahunannya bisa berbeda-beda.

    Selain itu, jika ada tambahan kartu kredit maka kartu tersebut juga akan dikenakan biaya tahunan khusus sesuai dengan ketentuan Bank Rakyat Indonesia.

    Besar Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI

    Seperti disebutkan di atas, biaya tahunan kartu kredit BRI berbeda untuk setiap jenis kartu. Dimana besarnya biaya tahunan kartu BRI adalah sebagai berikut.
    • BRI Infinite > Rp. 2.400.000
    • BRI World Access > Rp. 1.000.000
    • BRI Wonderful Indonesia > Rp. 600.000
    • BRI Platinum > Rp. 600.000
    • BRI JCB Platinum > Rp. 300.000
    • BRI Easy Card > Rp. 250.000
    • BRI Corporate Card > Rp. 250.000
    • BRI Touch > Gratis Bila Memenuhi Syarat Khusus
    • BRI Traveloka Paylater Card > Gratis
    • BRI Bussiness Card > Gratis

    Jika dikaitkan dengan besaran limit masing-masing kartu, maka semakin besar limit kartu kredit BRI maka semakin besar pula biaya tahunannya dan sebaliknya. Namun tetap ada ketentuan khusus mengenai iuran tahunan untuk jenis BRI Touch.

    Ketentuan Biaya Tahunan Kartu Kredit BRI Touch

    Sebagai produk kartu kredit andalan emiten, kartu BRI Touch memiliki persyaratan khusus bagi penggunanya untuk mendapatkan pembebasan biaya tahunan. Syaratnya sendiri adalah:
    • Pemegang kartu kredit BRI Touch memiliki jenis kartu kredit BRI lainnya.
    • Kartu kredit BRI Touch serta kartu lainnya harus diaktifkan.

    Selama kedua persyaratan di atas terpenuhi, Anda dapat menggunakan kartu kredit BRI Touch tanpa harus membayar biaya tahunan.

    Pembayaran Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI

    Meski merupakan biaya khusus, namun cara pembayaran biaya tahunan kartu kredit BRI tidak memiliki cara khusus. Karena iuran tahunan akan digabung menjadi satu dalam tagihan bulan Desember. Artinya jika Anda membayar tagihan di bulan Desember, iuran tahunan juga sudah dibayarkan langsung.

    Denda Keterlambatan Pembayaran Iuran Tahunan

    Lain halnya dengan cicilan bulanan kartu kredit, jika pemilik terlambat membayar iuran tahunan maka akan dikenakan denda sebesar 3 persen dari total tagihan bulan Desember (min. Rp 60.000 & maks. Rp 150.000).

    Selain denda, jika iuran tahunan kartu kredit tidak dibayarkan maka kartu akan diblokir oleh BRI sehingga layanan kartu kredit tidak dapat digunakan.

    FAQ

    1. Apakah biaya tahunan BRI bisa dicicil?
    Tidak, biaya tahunan harus dibayar sekaligus.

    2. Apakah pemblokiran tidak membayar iuran tahunan BRI bersifat permanen?
    Tidak, biasanya pemblokiran yang dilakukan oleh BRI bersifat sementara. Kecuali tunggakan tidak dibayar lebih dari 3 bulan.

    Kesimpulan

    Di atas adalah penjelasan dari Manseper mengenai iuran tahunan semua jenis Kartu Kredit BRI. Semoga bisa menjadi referensi tambahan bagi Anda dalam menggunakan kartu kredit yang diterbitkan oleh bank BRI.
    LihatTutupKomentar