Nomor Referensi BNI, Contoh dan Cara Mendapatkan Kode Skip to main content

Nomor Referensi BNI, Contoh dan Cara Mendapatkan Kode

Nomor Referensi BNI - Transaksi uang melalui mesin ATM sudah menjadi salah satu aktivitas sehari-hari manusia di zaman modern ini. Namun pernahkah Anda memperhatikan nomor referensi yang sering muncul saat ingin melakukan transaksi? Beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahuinya tetapi mungkin ada juga yang belum mengetahui tentang nomor referensi tersebut.

nomor referensi bni untuk transfer
nomor referensi bni kur

Kali ini kita akan membahas tentang nomor referensi bank BNI dan kode referensi untuk transfer ke bank BNI. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Nomor Referensi BNI?

Dalam dunia perbankan, nomor referensi bni adalah nomor petunjuk atau kadang juga disebut sebagai nomor acuan. Hal ini sesuai dengan asal kata referensi yang diambil dari kata reference yang dalam bahasa Inggris juga memiliki arti acuan.

Nomor referensi ini kemudian dibagi menjadi dua jenis, yaitu nomor referensi nasabah dan nomor referensi bank.

1. Nomor Referensi Nasabah BNI

Nomor referensi nasabah adalah nomor yang dibuat oleh nasabah sendiri untuk digunakan sebagai tanda bahwa ia telah melakukan transaksi. Biasanya, Anda akan memerlukan nomor referensi nasabah jika akan melakukan transaksi pembayaran produk yang memiliki kode unik.

Karena dibuat sendiri, tidak ada ketentuan khusus mengenai angka yang harus dimasukkan, Anda bebas membuatnya sesuka hati. Dan untuk penerima transfer, Anda bisa mendapatkan nomor referensi BNI dari pengirim.

Fungsi nomor nasabah adalah untuk menunjukkan bahwa Anda melakukan transaksi.

Namun sebenarnya memasukkan nomor nasabah bukanlah suatu kewajiban. Artinya, Anda tetap bisa melakukan transaksi meski tidak memasukkan nomor referensi nasabah.

2. Nomor Referensi Bank BNI

Nomor referensi bank adalah kumpulan nomor unik yang membedakan satu bank dengan bank lainnya. Anda biasanya akan memasukkan nomor ini sebelum memasukkan denominasi dan nomor rekening yang akan Anda kirimi uang.

Umumnya, nomor referensi bank hanya terdiri dari 3 digit. Setiap bank memiliki nomor referensi yang berbeda, pastikan untuk memasukkan nomor yang benar saat Anda mengirim uang. Karena jika Anda tidak memasukkan nomor referensi dengan benar, ada kemungkinan pengiriman uang akan terganggu bahkan mungkin tidak terkirim ke nomor yang Anda inginkan.

Contoh Nomor Referensi Transaksi Bank BNI

Di atas sudah dijelaskan tentang nomor referensi BNI dengan jelas, Anda juga tahu perbedaan antara dua nomor referensi yang tersedia di bank BNI.

Untuk memperjelas, di bawah ini adalah contoh gambar terkait dengan nomor referensi transaksi bank BNI.

cara melihat nomor referensi bni
nomor referensi bni untuk transfer

Cukup jelas, nomor referensi transaksi atau transfer adalah 1243500. Nomor referensi dibuat oleh pelanggan sendiri untuk melakukan transfer online antar bank.

Cara Cek Nomor Referensi Transfer BNI

Anda dapat mengecek nomor referensi transfer BNI dengan beberapa cara, melalui aplikasi BNI, internet banking dan ATM. Berikut langkah-langkah cek nomor referensi transfer BNI:

  1. Buka aplikasi BNI Mobile Banking.
  2. Masuk menggunakan akun pengguna Anda.
  3. Setelah berhasil login, masuk ke menu Produk dan Jasa Lainnya.
  4. Pilih opsi Bukti Transaksi.
  5. Pilih dan atur No Rekening, Jenis Transaksi dan Periode Waktu.
  6. Kemudian klik Lanjut.
  7. Anda akan secara otomatis diarahkan ke halaman Daftar Transaksi.
  8. Pada halaman tersebut Anda dapat melihat Nomor Referensi BNI.
  9. Selesai.

Apa itu Kode Referensi Bank BNI?

Berbeda dengan nomor referensi, kode transfer bank digunakan untuk melakukan transfer antar bank. Setiap bank memiliki kode referensi sendiri dan hanya terdiri dari tiga angka, nomor referensi BNI sendiri adalah 009.

Anda hanya perlu memasukkan ketiga nomor tersebut saat ingin mengirim uang ke rekening BNI tujuan.

Apakah nomor referensi antara Bank BNI dan BNI Syariah sama?

Mungkin sebagian dari Anda penasaran apakah nomor referensi antara bank BNI dan BNI Syariah itu sama? Jawabannya adalah keduanya memiliki nomor referensi yang berbeda.

Alasan kedua bank tersebut berbeda karena bank BNI dan BNI Syariah menjalankan sistem yang berbeda meskipun dibuat oleh perusahaan yang sama. Itu sebabnya kode referensi yang digunakan kedua bank ini juga berbeda.

Jika Anda ingin mengirim uang ke rekening bank BNI Syariah, kode referensi bank BNI Syariah adalah 427.

Cara Mendapatkan Kode Referensi BNI

Perintah untuk memasukkan kode transfer bank akan muncul sebelum Anda diminta untuk memasukkan nomor rekening BNI tujuan dan jumlah nominal yang akan Anda kirim. Karena itu ada baiknya jika sebelum mengirim uang, Anda sudah mengetahui kode referensi tujuan Anda terlebih dahulu.

Anda dapat mencari kode referensi bank BNI dan berbagai bank lainnya melalui internet. Namun jika Anda masih tidak bisa menggunakan internet, Anda tidak perlu khawatir karena Anda juga bisa melihatnya di mesin ATM.

Anda cukup memilih menu nomor referensi atau kode bank sebelum Anda memasukkan nomor rekening tujuan.

Setelah daftar kode referensi bank muncul, silahkan cari nomor referensi bank tujuan Anda.

Jika sudah menemukannya, masukkan kode beserta nomor rekening tujuan Anda. Jangan lupa untuk memasukkan nomor referensi sebelum nomor rekening tujuan Anda.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai nomor referensi BNI, mulai dari arti hingga cara mencarinya. Sangat mudah, bukan? Apakah Anda sudah hafal kode referensi bank tujuan Anda?

Anda juga bisa melihat nomor referensi bni kur, nomor referensi bni untuk transfer, nomor referensi bni syariah, nomor referensi bni ke bri, nomor referensi bni taplus, nomor referensi bni fleksi dan cara mendapatkan nomor referensi bni fleksi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close