Apa itu Defleksi Yoke dan Fungsinya Skip to main content

Apa itu Defleksi Yoke dan Fungsinya

Apa Itu Defleksi Yoke - Defleksi Yoke adalah salah satu komponen televisi yang fungsinya untuk membelokkan sinyal elektron yang dipancarkan untuk ditampilkan pada layar CRT TV, sinyal elektron yang dipancarkan dibelokkan secara horizontal (kanan-kiri) dan vertikal (atas-bawah). Elektron yang ditembakkan ke layar bertabrakan dengan fosfor sehingga terbentuk cahaya pada layar TV.

Bagaimana? Sudah ada sedikit pemahaman tentang penjelasan pengertian deflection yoke kan? Karena fungsinya untuk membelokkan elektron secara horizontal dan vertikal, maka deflection yoke ini juga memiliki 2 lilitan yaitu lilitan horizontal dan lilitan vertikal.

Biasanya pada kebanyakan yoke, lilitan horizontal ada di bagian dalam sedangkan lilitan vertikal ada di bagian luar, lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

cara modifikasi defleksi yoke
defleksi yoke tv sharp

Jika dalam rangkaian TV seperti gambar dibawah ini:

harga defleksi yoke tv lg flatron
defleksi yoke tv samsung flat

Lalu bagi yang belum tau seperti apa diagram defleksi yoke, urutan lilitannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini yang kami ambil dari beberapa referensi, kami juga belum tau apakah ini berlaku untuk semua defleksi yoke atau tidak, tapi yang jelas mungkin bisa sedikit memberikan gambaran:

defleksi yoke tv panasonic
defleksi yoke tv sharp alexander

Selain itu, sebagian besar tetapi tidak semua, kumparan defleksi horizontal selalu ditandai dengan kabel berwarna Merah-Biru sedangkan defleksi vertikal biasanya ditandai dengan kabel berwarna Hijau-Kuning, pasti yang sering memperhatikan konektor dari kumparan defleksi ke PCB mesin TV sudah tahu ini.

Sinyal defleksi horizontal diperoleh dari tegangan/pulse horizontal yang dikuatkan ratusan kali lipat pada trafo flyback (FBT). Untuk vertikal tentunya diambil dari penguat vertikal / IC vertikal, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

cara pasang defleksi yoke tv
cara modifikasi defleksi yoke

Deflection yoke pada dasarnya pada saat perakitan di pabrik, dipasang bersamaan dengan magnet konvergen yang sama yang juga diletakkan di leher tabung. Sehingga jika terjadi kerusakan dan harus diganti, maka posisinya harus diatur ulang agar tampilan gambar sesuai dengan layar TV.

Jika ada kerusakan pada lilitan dan perlu diganti, kami sarankan jangan tanya ke service center TV karena kami sudah ke service center TV untuk menanyakan harga defleksi yoke tv, tapi itu ternyata harus satu set dengan tabungnya juga, jadi harganya bisa jutaan untuk TV 29 inch, karena di pabrik saat produksi memang di setting tiap tabung crt dengan magnet purity/konvergen.

Beberapa kerusakan deflection yoke yang sering terjadi dan gejala yang muncul pada TV:

  • Gambar menyempit kanan dan kiri
  • Bentuk gambar menjadi oval
  • Gambar garis horizontal
  • Gambar bentuk gelombang datar
  • Transistor horizontal terlalu panas
  • Transistor horizontal rusak terus menerus

Dari kerusakan diatas, ada beberapa gejala kerusakan TV yang mirip dengan TV rusak vertikal. Lalu bagaimana cara mengukur defleksi yoke/deflection yoke sehingga bisa ditentukan rusak atau tidak?

Jika hambatan diukur dengan Multimeter, tentu saja nilai hambatan yoke berbeda tergantung ukuran TV, apakah itu 14, 21 atau 29 inci, tetapi dari pengalaman dan pencarian kami di web referensi service tv, umumnya resistansi kumparan horizontal lebih kecil pada kisaran 1,2 - 5 Ohm.

Sedangkan kumparan defleksi vertikal memiliki nilai resistansi 14 sampai 17 Ohm, untuk mengukurnya teknisi bisa menggunakan analog dengan pengukuran x10, lebih mudah dengan avometer digital agar lebih presisi.

Akhir Kata

Itulah artikel ini menjelaskan cara kerja deflection yoke, selanjutnya kami akan share tentang kerusakan defleksi yoke pada TV. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan teknisi servis.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close