Cara Cek Nomor Referensi BCA, Biaya dan Contoh Transaksi Skip to main content

Cara Cek Nomor Referensi BCA, Biaya dan Contoh Transaksi

Cara Cek Nomor Referensi BCA - Bagi Anda yang terbiasa menggunakan kartu kredit BCA atau bank lain dan sering melakukan transaksi melalui Bank atau i-Banking atau SMS Banking, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah nomor referensi setiap kali melakukan transaksi.

cek nomor referensi transfer
no referensi bca digital

Namun, tahukah Anda apa fungsi dari nomor referensi?

Jika Anda masih bingung dan tidak mengerti fungsi nomor referensi setelah melakukan transaksi, Anda berada di artikel yang tepat yang akan membahas fungsi nomor referensi bank BCA dan Bank secara umum.

Sebelum mengetahui cara kerja nomor referensi Bank, Anda harus mengetahui apa itu nomor referensi BCA.

Apa itu Nomor Referensi BCA?

Nomor referensi bca adalah serangkaian angka yang diperoleh secara acak dan sistematis oleh sistem sebagai tanda bahwa Anda telah berhasil menyelesaikan suatu transaksi. Pada umumnya nomor referensi bank memiliki nama lain yaitu nomor identitas transaksi.

Di google, banyak orang yang salah memberikan informasi bahwa nomor referensi BCA adalah kode bank, padahal bukan. Nomor referensi berbeda dengan kode bank, kode bank digunakan untuk transfer dari bank lain ke bank BCA. Informasi tambahan, kode bank BCA yang berlaku pada tahun 2021 adalah 014.

Contoh Nomor Referensi Transaksi BCA

Bagi yang penasaran seperti apa nomer referensi bca, kami kasih contoh gambarnya. Ini juga untuk memastikan bahwa nomor referensi dan kode bank berbeda, maka kami akan memberikan contoh nomor referensi transaksi bank bca ke bank lain.

cek nomor referensi bri
kode referensi bca mobile

Fungsi Nomor Referensi BCA

Nomor referensi BCA digunakan untuk melacak transaksi uang yang telah Anda lakukan beberapa waktu lalu. Contoh kasus yang sering terjadi ketika Anda melakukan transaksi tetapi tidak mendapatkan struk atau print out transaksi, tetapi Anda hanya mendapatkan kode referensi dari ibanking atau sms banking. Kemudian Anda dapat melacak transaksi di bank terdekat jika diperlukan.

Nomor referensi bank BCA digunakan untuk mengidentifikasi transaksi yang telah dilakukan di masing-masing Bank. Karena nomor referensi berfungsi sebagai pelacak, maka nasabah perlu memasukkan nomor referensi atau identitas bank yang dituju jika akan melakukan transaksi keuangan melalui ATM. Oleh karena itu, sebelum nasabah melakukan transaksi, nasabah harus mengetahui terlebih dahulu kode bank yang akan dituju.

Selain transaksi finansial, Anda juga akan mendapatkan nomor referensi atau nomor identitas saat melakukan transaksi pembelian pulsa. Nomor referensi ini digunakan untuk mengecek laporan apakah pengiriman pulsa berhasil atau tidak.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui dan melacak nomor referensi yang telah kita lakukan? Berikut akan diulas tentang cara cek nomor referensi bank bca.

Cara Cek Nomor Referensi BCA

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa untuk mengecek nomor referensi BCA setelah transfer ini memiliki batas waktu yaitu 30 hari sebelumnya. Jadi jika riwayat transaksi telah melewati 30 hari, Anda tidak dapat lagi melihat nomor referensi.

Seperti yang telah kita ketahui, Bank BCA telah memiliki beberapa fitur untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi, sehingga cara cek nomor referensi transfer bca dapat dilakukan melalui beberapa cara, yaitu sebagai berikut:

1. Cek Nomor Referensi BCA Melalui BCA Mobile

Cara ini bisa Anda lakukan jika sudah melakukan aktivasi di kantor bank BCA terdekat. Jika sudah mengaktifkannya, Anda bisa melakukan cara cek referensi bank BCA berikut ini:

  • Buka aplikasi BCA Mobile di ponsel Anda.
  • Pilih menu m-BCA.
  • Masukkan kode entri di kolom yang tersedia.
  • Klik log in.
  • Pilih menu m-transfer.
  • Untuk cek transaksi atau bukti transfer BCA, Anda bisa masuk ke menu Inbox di bagian bawah.
  • Tunggu beberapa saat dan secara otomatis akan muncul semua history transaksi yang telah Anda lakukan beberapa waktu lalu.
  • Pada halaman tersebut Anda juga akan melihat nomor referensi transaksi.

2. Cek Nomor Referensi BCA Melalui Klik BCA

Sama seperti mobile banking BCA, ketika ingin melacak nomor referensi dengan cara ini, Anda harus mengaktifkannya di bank BCA terdekat. Jika Anda telah melakukan aktivasi, Anda dapat melakukan langkah-langkah pelacakan nomor referensi sebagai berikut:

  • Buka Aplikasi Klik BCA.
  • Masukan User ID dan Password.
  • Klik Log in dan tunggu beberapa saat.
  • Pada menu yang ditampilkan, Anda dapat memilih menu Riwayat Transaksi pada menu tab sebelah kiri.
  • Jika Anda sudah masuk ke menu history transaksi, yang Anda lakukan adalah memilih waktu Anda melakukan transaksi untuk dilacak.
  • Nantinya akan muncul beberapa history transfer sesuai periode yang telah dilakukan.
  • Selanjutnya, Anda dapat melakukan detail transaksi dengan mengklik tab link di sebelah kiri.
  • Terakhir, Anda dapat mengetahui data lengkap transaksi yang telah Anda lakukan, termasuk nomor referensi transfer BCA.

Biaya Cek Nomor Referensi Transfer Bank BCA

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya apakah ada biaya admin untuk pengecekan nomor referensi dari transaksi antar bank atau tidak, jawaban singkatnya adalah tidak.

Seperti halnya cek saldo dan mutasi rekening, Bank BCA juga memberikan kebebasan kepada nasabahnya untuk mengecek nomor referensi BCA tanpa dipungut biaya sedikitpun.

Akhir Kata

Itulah ulasan mengenai pengertian, fungsi dan cara cek nomor referensi BCA yang perlu Anda ketahui. Melalui cara ini, Anda tidak perlu panik saat ATM tempat Anda bertransaksi tidak mencetak nomor referensi. Semoga membantu.

Anda juga bisa baca cara cek nomor celcom, cara mengisi cek bca, cara cek nomor sim card, cara cek flazz bca di iphone, cara cek nomor digi malaysia, cara cek nomor internet dan cara cek nomor kartu bca di m banking.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close