Cara Membersihkan Mata Solder yang Hitam Skip to main content

Cara Membersihkan Mata Solder yang Hitam

Cara Membersihkan Mata Solder - Meski mudah, jika cara membersihkan mata solder tidak tepat, malah bisa merusak solder itu sendiri. Nah, seperti apa teknik membersihkan ujung solder yang sering dijadikan senjata utama para teknisi tersebut?

cara membersihkan timah solder di pcb
cara membersihkan ujung mata solder

Untuk menghasilkan hasil penyolderan yang maksimal, teknik penyolderan dan peralatan yang digunakan juga harus mendukung salah satunya yaitu ujung penyolderan atau sering disebut Soldering Tip.

Sedikit berbagi saja, setiap mata solder dilapisi dengan besi tipis yang fungsinya untuk mencegah korosi pada tembaga yang merupakan bahan ujung solder.

Nah, mata solder ini bisa mengalami oksidasi pada suhu tinggi, yaitu saat kita menggunakannya untuk menyolder. Agar mata ini awet, perlu dilindungi dengan memberi sedikit lapisan timah.

Pengecekan secara berkala harus dilakukan untuk part ini karena selain untuk menentukan hasil penyolderan, juga dapat menekan pengeluaran bukan? karena dengan perawatan yang rutin, umur pakai solder juga menjadi lebih lama.

Membersihkan mata solder umumnya dilakukan dengan flux dan spon basah, namun spon yang digunakan harus menggunakan spon khusus.

Cara Membersihkan Ujung Mata Solder

Berikut langkah cara membersihkan ujung mata solder dari plastik yang hitam agar awet:

1. Gunakan Gondorukem

Bentuknya seperti kemenyan, banyak di jual di toko alat bangunan, biasanya untuk campuran plester, di tempat kami namanya gondorukem, bisa digunakan untuk membersihkan mata solder yang kotor, caranya saat solder panas, gosok atau usap ujung solder pada gondorukem.

2. Gunakan Kertas Tebal

Saat solder sudah panas, gosokkan ujung solder pada kertas tebal atau colek agar kotoran yang menempel di mata solder bisa lepas, karena biasanya sisa timah atau sisa cairan yang keluar dari timah saat di solder meleleh menyebabkan kotoran pada ujung solder.

3. Gunakan Copper Curl/Cleaning Wire

Copper Curl jika belum punya bisa menggunakan Kawat Pembersih yang biasa digunakan untuk membersihkan/menghilangkan kotoran dari panci, wajan dan peralatan dapur lainnya, ini bisa digunakan untuk membersihkan ujung solder yang kotor, caranya elap ujung solder selagi masih panas di kawat pembersih, agar sisa timah/tenol dan kotoran lainnya bisa lepas.

4. Gunakan Kuas

Kuas yang biasa digunakan untuk mengecat juga bisa digunakan untuk membersihkan ujung solder yang kotor, caranya dengan memanaskan solder hingga cukup melelehkan timah, sapukan/lap ujung solder menggunakan kuas.

Tips

Agar awet, jika setelah digunakan turunkan suhu solder atau cabut steker solder jika tidak digunakan. Lebih bagus lagi kalau pakai minyak solder/Amtech.

Setiap kali menggunakan solder, usahakan untuk membersihkannya dengan kapas atau kain yang telah dibasahi dengan amtech. Fungsinya untuk memastikan tidak ada timah yang masih menempel pada solder setelah digunakan, timah yang dibiarkan mengering dan dibiarkan beberapa lama akan menimbulkan korosi pada ujung solder.

Akhir Kata

Sekian pembahasan kali ini tentang cara membersihkan mata solder yang hitam, sebenarnya masih banyak cara untuk membersihkan mata solder yang kotor, dan cara di atas adalah salah satunya.. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close