Cara Setting Set Top Box TV Digital di TV Analog Skip to main content

Cara Setting Set Top Box TV Digital di TV Analog

Cara Setting Set Top Box - Siaran TV analog dimatikan mulai 2 November 2022 di sejumlah wilayah secara bertahap. Orang-orang di daerah yang terkena dampak tidak lagi dapat menonton siaran TV analog dan harus bermigrasi ke siaran TV digital.

setting manual stb tv digital
cara program set top box tv digital

Untuk dapat menonton siaran TV digital, masyarakat tidak perlu membeli perangkat TV digital baru. Masyarakat masih bisa menikmati siaran TV digital melalui perangkat TV analog lama.

Namun, untuk dapat menonton siaran TV digital di TV analog biasa, diperlukan perangkat Set Top Box (STB) tambahan yang disebut juga dengan Digital TV Box. Perangkat ini dilengkapi dengan fitur DVB-T2 yang dapat menangkap sinyal digital.

Kemudian, konversikan agar dapat diterima oleh TV analog biasa atau TV non-digital. Jadi, dengan fitur DVB-T2 yang ada di Digital TV Box, masyarakat tetap bisa menonton siaran TV digital meski hanya menggunakan TV non digital.

Digital TV Box saat ini sudah tersedia di beberapa marketplace seperti Shopee dan Tokopedia dengan harga mulai dari Rp 100.000. Jika ingin membeli, tidak ada salahnya cek dulu keunggulan menggunakan set top box.

Lantas, bagaimana cara memasang Set Top Box di TV non digital? Secara umum, ada dua perangkat utama yang dibutuhkan untuk menonton siaran TV digital pada TV analog, yaitu antena penangkap sinyal dan STB.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkap mengenai langkah-langkah pemasangan Set Top Box TV digital di TV analog biasa.

Cara Pasang Set Top Box TV Digital di TV Analog

Berikut cara program set top box tv digital di tv biasa:

  1. Siapkan STB dan TV analog.
  2. Pastikan STB adalah tipe DVB-T2 yang mendukung koneksi antena pada TV analog.
  3. Pastikan TV analog dalam posisi power off.
  4. Cabut kabel antena yang telah terpasang pada TV analog.
  5. Sambungkan kabel antena ke port yang bernama "ANT IN" dan tersedia di bagian belakang STB.
  6. Sambungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog.
  7. Jika TV analog tidak mendukung koneksi HDMI, dapat juga dihubungkan dengan kabel AV yang biasanya memiliki tiga ujung konektor berwarna merah, kuning, dan putih.

Cara Cari Sinyal Set Top Box di TV Analog

Berikut cara mencari siaran tv digital set top box:

  1. Setelah jaringan antena, STB, dan TV semuanya tersambung, mulai sambungkan STB dengan daya.
  2. Kemudian, nyalakan STB dan TV analog.
  3. Masuk ke menu setting TV analog, pilih mode tampilan AV dan akan muncul menu setting STB.
  4. Setelah menu pengaturan STB muncul, pilih opsi pencarian saluran. Dalam opsi ini, pada beberapa STB, terkadang terdapat pengaturan kode pos. Jika pengaturan tersedia, harap isi kode pos sesuai dengan wilayah tempat tinggal.
  5. Kemudian, silakan tekan opsi "Pencarian Otomatis". STB akan secara otomatis mencari sinyal siaran TV digital yang tersedia di sekitar area tempat tinggal.
  6. Saat proses pemindaian selesai, siaran TV digital dari berbagai saluran akan langsung tersedia untuk dinikmati.

Sangat mudah bukan cara program set top box tv digital pada TV analog biasa dan mencari sinyalnya? Sebagai informasi tambahan, setiap Digital TV Box terkadang memiliki setting yang berbeda. Penjelasan pengaturan yang lebih spesifik juga dapat dibaca di buku panduan.

Sekadar informasi, sebelum membeli Digital TV Box, pastikan perangkat sudah didukung dengan fitur DVB-T2 yang sesuai dengan standar siaran TV digital di Indonesia.

Akhir Kata

Demikian penjelasan langkah-langkah memasang TV Set Top Box digital pada TV analog biasa mulai dari setting perangkat hingga mencari sinyal, semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close