IC Gerbang Logika: TTL/CMOS/High Speed CMOS & Datasheet Skip to main content

IC Gerbang Logika: TTL/CMOS/High Speed CMOS & Datasheet

IC Gerbang Logika - IC Gerbang Logika dalam praktek atau penggunaannya dapat menggunakan gerbang logika yang terbuat dari dioda, saklar, relay dan sebagainya. IC gerbang logika untuk tipe TTL sendiri umumnya ditandai dengan IC tipe 74 seri 74xx, 741xx, 742xx, 743xx, 744xx.

logic gate simulator
ic logic gate

Sedangkan untuk gerbang logika yang menggunakan CMOS digunakan CMOS tipe 40 seri 40xx, sedangkan untuk High Speed ​​CMOS digunakan CMOS tipe 74 HC.

Walaupun gerbang logika dapat dibuat dari dioda, saklar atau relay, namun dalam prakteknya memiliki kelemahan pada ukuran dan kecepatannya yang besar, misalnya ketika terjadi perubahan kondisi dari Low ke High atau sebaliknya.

Untuk mengatasi hal tersebut digunakan IC, selain memiliki ukuran yang kecil, juga murah, serta memiliki kecepatan yang lebih baik.

Apa Itu IC Gerbang Logika?

Integrated Circuit atau IC adalah komponen elektronik aktif yang terdiri dari berbagai komponen elektronik dengan fungsi tertentu. Komponen elektronik dalam kemasan IC terdiri dari komponen pasif dan aktif, kebanyakan transistor, resistor dan dioda.

Menurut penggunaannya, IC dikategorikan menjadi IC linier/analog, IC digital, dan IC campuran. Jika dilihat dari bentuk kemasannya, IC dapat diklasifikasikan menjadi Dual In-line Package (DIP), Surface Mounted Device (SMD) dan Quad Flat Package (QFP).

IC logika adalah sekelompok IC digital. IC jenis ini paling populer digunakan dalam perancangan elektronika digital setelah IC clock 555.

Jenis IC Gerbang Logika

Berikut ini macam macam ic gerbang logika (TTL & CMOS)

1. IC Gerbang Logika AND

Untuk IC gerbang logika AND tipe TTL menggunakan IC tipe 7408, IC TTL tipe ini memiliki 2 input yang terdiri dari 4 buah gerbang logika AND. Berikut adalah gambar IC ttl gerbang logika AND.

Untuk IC gerbang logika AND tipe CMOS menggunakan IC 4081, IC CMOS tipe ini memiliki 2 input yang terdiri dari 4 buah gerbang logika AND. Berikut adalah gambar IC CMOS gerbang logika AND.

2. IC Gerbang Logika OR

Untuk IC gerbang logika OR tipe TTL menggunakan IC tipe 7432, IC TTL tipe ini memiliki 2 input yang terdiri dari 4 buah gerbang logika OR. Berikut adalah gambar IC ttl gerbang logika OR.

Untuk IC gerbang logika OR tipe CMOS menggunakan IC 4071, IC CMOS tipe ini memiliki 2 input yang terdiri dari 4 buah gerbang logika OR. Berikut adalah gambar IC CMOS gerbang logika OR.

3. IC Gerbang Logika NOT

Untuk IC gerbang logika NOT tipe TTL menggunakan IC tipe 7404, IC TTL tipe ini terdiri dari 6 buah gerbang logika NOT. Berikut adalah gambar IC ttl gerbang logika NOT.

Untuk IC gerbang logika NOT tipe CMOS menggunakan IC 4069, IC CMOS jenis ini terdiri dari 6 buah gerbang logika NOT. Berikut adalah gambar IC CMOS gerbang logika NOT.

4. IC Gerbang Logika NAND

Untuk membuat IC TTL NAND gerbang logika bisa menggunakan IC tipe 7400, IC TTL tipe ini memiliki 2 input yang terdiri dari 4 gerbang logika NAND. Berikut adalah gambar IC ttl gerbang logika NAND.

Untuk membuat IC CMOS gerbang logika NAND dapat menggunakan IC 4011, IC CMOS jenis ini memiliki 2 input yang terdiri dari 4 gerbang logika NAND. Berikut adalah gambar gerbang logika IC CMOS NAND.

5. IC Gerbang Logika NOR

Untuk membuat IC TTL NOR gerbang logika bisa menggunakan IC tipe 7402, IC TTL tipe ini memiliki 2 input yang terdiri dari 4 buah gerbang logika NOR. Berikut adalah gambar IC ttl gerbang logika NOR.

Untuk membuat IC CMOS gerbang logika NOR dapat menggunakan IC 4011, IC CMOS jenis ini memiliki 2 input yang terdiri dari 4 gerbang logika NOR. Berikut adalah gambar IC CMOS gerbang logika NOR.

6. IC Gerbang Logika XOR

Untuk membuat IC TTL gerbang logika XOR bisa menggunakan IC tipe 7486, IC TTL tipe ini memiliki 2 input yang terdiri dari 4 buah gerbang logika XOR. Berikut adalah gambar IC ttl gerbang logika XOR.

Untuk membuat gerbang logika XOR IC CMOS dapat menggunakan IC 4030, IC CMOS jenis ini memiliki 2 input yang terdiri dari 4 buah gerbang logika XOR. Berikut adalah gambar IC CMOS gerbang logika XOR.

7. IC Gerbang Logika XNOR

Untuk membuat IC CMOS gerbang logika XNOR dapat menggunakan IC 4077, IC CMOS jenis ini memiliki 2 input yang terdiri dari 4 gerbang logika XOR. Berikut adalah gambar IC CMOS gerbang logika XNOR.

Tabel Daftar IC Logika

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat tabel IC gerbang logika TTL, CMOS, High Speed ​​CMOS di bawah ini:

tabel kebenaran gerbang logika 3 input
tabel gerbang logika

Akhir Kata

Itulah daftar ic gerbang logika nand, ic gerbang and, ic gerbang logika nor, ic gerbang logika or, ic gerbang logika not, dan ic gerbang logika xnor lengkap dengan penjelasan. Semoga bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close