Project Arduino Sederhana dan Paling Populer Skip to main content

Project Arduino Sederhana dan Paling Populer

Project Arduino Sederhana - Arduino merupakan terobosan baru dalam dunia mikrokontroler. Di era sekarang ini dimana teknologi modern semakin berkembang, mikrokontroler semakin banyak digunakan. Ada banyak varian dan jenis mikrokontroler, misalnya ATmega dari Atmel, PIC dari Microchip dan Z8 dari Zilog.

proyek arduino untuk pemula
project arduino tugas akhir

Ketika para programmer berpikir keras untuk memikirkan algoritma pemrograman yang rumit, saat itulah arduino lahir untuk menghadirkan kemudahan dalam pemrograman. Arduino dengan sifat Open source yang dapat dimodifikasi dengan mudah, didukung dengan banyak Program Library, modul yang terintegrasi dan harga yang relatif murah kini menjadi favorit dalam pembuatan berbagai proyek elektronika dan robotika.

Dilihat dari sejarahnya, Arduinio awalnya berawal dari sebuah tesis seorang mahasiswa di Italia bernama Hernando Barragan pada tahun 2005. Kemudian dikembangkan lagi oleh 2 mahasiswa bernama Massimo Banzi dan David Cuartielles pada tahun 2009. Mereka menamai Project mereka Arduino yang artinya Sahabat Berani.

Arduino bersifat open source dan menggunakan IC yang diproduksi oleh Atmel sebagai IC utama, serta memiliki bahasa pemrograman sendiri yang mirip dengan bahasa C. Sekarang sudah banyak jenis Arduino seperti Arduino Uno, Arduino Nano, Arduino Mini, Arduino Mega dan lain-lain.

Tujuan awal pengembangan arduino adalah membuat perangkat mikrokontroler yang murah. Selain harganya yang murah, arduino juga didukung dengan program library yang memudahkan penulisan dan algoritma pemrograman.

10 Project Arduino Sederhana dan Bermanfaat

Dengan kehandalan tersebut, banyak proyek elektronik atau robot yang menggunakan sistem Arduino. contoh project arduino sederhana paling populer dan paling banyak dibuat meliputi:

1. Robot Line Follower

cara kerja robot line follower
robot line follower menggunakan sensor

Line Follower Atau Line Treacker adalah robot yang tugasnya membaca baris atau line. Line follower adalah jenis robot yang sederhana, dan merupakan project favorit pelajar atau mahasiswa.

Robot line follower dapat dibangun dari rangkaian analog atau istilahnya LFA (Line Follower Analog) atau dari rangkaian digital atau istilahnya LFD (Line Follower Digital).

Line Follower Arduino termasuk kategori LFD, karena Arduino merupakan sistem digital. Line Follower dengan Arduino biasanya dirakit bersama dengan modul lain yang banyak tersedia di pasaran, seperti modul sensor dan modul Driver Motor. Hal ini juga menjadi salah satu kelebihan Arduino yaitu tersedianya banyak part dan modul pendukung.

2. Robot Balance

how to make self balancing robot using arduino
robot balance arduino dengan bluetooth

Robot Balance adalah robot beroda dua yang tugasnya menjaga posisinya tetap tegak dan tidak jatuh (seimbang). Robot ini biasanya menggunakan sensor Accelerometer seperti ADXL 335 yang berfungsi sebagai input analog yang membaca derajat kemiringan.

Robot ini biasanya juga terintegrasi dengan Android melalui modul Bluetooth, sehingga kita dapat mengontrol arah dan kecepatan Robot tersebut melalui smartphone. Project robot balance menjadi eksperimen favorit tugas akhir untuk pemula.

3. Jam Digital

program arduino jam digital 7 segment
sketch jam digital arduino

Jam digital adalah indikator waktu berdasarkan nilai numerik. Di sekitar kita tentunya banyak sekali jenis jam digital. Namun dengan menggunakan Arduino kita dapat memberikan lebih banyak fungsi pada jam digital. Contohnya adalah Jam digital Masjid, dimana kita bisa menambahkan program countdown timer untuk iqomah serta kalender dan hari dalam satu paket.

4. Smart Home Controller System (Sistem Kontrol Rumah)

smart controller smart home system 2.4g bedienungsanleitung
bosch smart home controller system passwort

Sistem kontrol rumah berbasis arduino telah banyak diterapkan di rumah-rumah. Sistem ini juga menjadi bahan favorit mahasiswa tingkat akhir dalam mengumpulkan tugas akhir. Sistem kontrol rumah berarti kita dapat mengatur peralatan di rumah, serta memantau situasi di rumah menggunakan Arduino.

Contohnya mematikan dan menyalakan lampu, menyiram tanaman secara otomatis, membuka atau menutup pintu dan memantau kondisi rumah. Semua itu bisa dilakukan secara manual melalui SmartPhone atau komputer kita atau dilakukan secara otomatis dengan Timer waktu tertentu.

Biasanya untuk sistem kendali jarak jauh rumah menggunakan modul GSM yang perintahnya dikirimkan melalui SMS.

5. Humanoid Robot (Robot Manusia)

komponen robot humanoid
contoh robot humanoid

Robot manusia atau humanoid adalah robot yang tugasnya meniru gerakan manusia. Robot Humanoid dibangun dari sekumpulan motor servo yang terintegrasi pada badan tangan dan kaki robot.

Motor servo pada badan robot dikendalikan oleh modul pengontrol sebelum masuk ke arduino. Robot humanoid memiliki fungsi yang berbeda tergantung pada programnya. Kontes Robot Indonesia (KRI) setiap tahunnya mempertandingkan Robot Humanoid dalam kategori robot sepak bola dan robot tari.

6. Spider Robot (Robot laba-laba)

3d printed spider robot arduino
spider robot arduino bluetooth

Robot Spider adalah robot yang memiliki kaki berbentuk laba-laba. Kaki ini dibangun dari motor servo yang terintegrasi dan tidak terhubung satu sama lain.

Robot laba-laba biasanya berfungsi sebagai robot pemadam kebakaran (Fire Rescue) atau pengikut garis (line follower). Sensor yang digunakan biasanya sensor panas dan sensor jarak HC RS404 atau sensor ping.

7. Smart Lock Security (Keamanan Kunci Cerdas)

smart door lock using wifi login page by arduino & esp8266
fingerprint door lock arduino

Sistem keamanan pintar adalah sistem yang mengamankan barang atau alat dari pengguna yang tidak memiliki izin. Sistem ini biasanya digunakan untuk mengamankan gedung dan kendaraan bermotor.

Sistem keamanan pintar berbasis arduino biasanya menggunakan SmartPhone sebagai alat kontrolnya. Misalnya sistem keamanan yang dipasang pada kendaraan bermotor, maka aktivitas kendaraan tersebut akan terpantau melalui smartphone.

Kendaraan yang dioperasikan tanpa seizin pemilik akan terdeteksi oleh Smartphone pemilik sehingga pemilik dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Running Text

running text arduino p10 bluetooth
running text arduino p10

Running Text adalah sekumpulan LED yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat menampilkan teks dan angka berjalan. Running text banyak dijumpai di toko-toko dan instansi pemerintah sebagai alat untuk menyampaikan informasi.

Running text banyak menggunakan Arduino karena sudah ada library program running text. Cukup edit pin dan tulisan yang akan ditampilkan. Biasanya juga ditambahkan modul untuk mengubah suara melalui Smartphone atau komputer yang terhubung melalui jaringan WLAN.

9. Printer 3D

3d printer firmware for arduino mega 2560
arduino 3d printer projects

Printer 3D adalah printer yang dapat mencetak objek secara 3 dimensi. Bahan yang digunakan untuk mencetak adalah gulungan filamen yang terbuat dari plastik. Meski tergolong produk baru, Project 3D printer cukup populer karena sangat handal dalam membuat desain chassis dan alat mekanik. Printer 3D ini menggunakan motor stepper sebagai penggeraknya sehingga membutuhkan daya yang besar.

Kelemahan printer 3d saat ini adalah membutuhkan waktu lama untuk mencetak suatu objek, dengan kualitas tinggi membutuhkan waktu berjam-jam. Namun, dengan berkembangnya Arduino dan modul-modulnya, kemungkinan proses pencetakan hanya memakan waktu beberapa menit saja.

10. CNC (Computer Numerical Control)

download g-code cnc arduino
cnc arduino uno

CNC adalah mesin berbasis kontrol numerik yang digunakan untuk mengontrol peralatan mesin. Dengan menggunakan CNC, kita dapat mengontrol mesin untuk melakukan suatu proses tertentu sesuai dengan keinginan kita. Proses dibuat dan disimpan di komputer.

Dengan menggunakan Arduino, kita dapat menyimpan program pada IC dan menggunakannya untuk menjalankan mesin. Proyek CNC menggunakan Arduino biasanya hanya untuk mengendalikan mesin kecil, seperti printer jalur PCB, dan mesin cetak kayu. CNC menggunakan Arduino dapat dibuat dari DVD player bekas yang diambil bagian motornya sebagai penggerak.

Akhir Kata

Tentunya, masih banyak lagi proyek berbasis Arduino di sekitar kita. Menggabungkan Pemahaman Elektronik dengan logika pemrograman akan menciptakan sesuatu yang luar biasa dan bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini sesuai dengan filosofi elektronika yaitu “bahasa alam yang tidak terbatas dan seni memahami sesuatu”. Tentunya dengan mengontrol aliran elektron pada suatu alat. Semoga Bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close